Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MTsN 7 BANTUL ADAKAN PELATIHAN EVAKUASI KEBENCANAAN

    Bantul (MTsN 7 Bantul) - Bertempat di Hall Utama seluruh guru dan pegawai hari ini Rabu (18/9) mendapatkan penjelasan tentang Evakuasi kebencanaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul. Kepala Madrasah MTsN 7 Bantul Hidayat mengatakan bahwa yang namanya musibah itu bentuknya beraneka ragam, ada yang berupa fisik dan non fisik. ”Dalam Al Qur’an surat Al A’rof ayat 99 disebutkan bahwa tidak akan ada yang selamat dari siksaan atau bencana dari Allah, maka orang yang  beriman dan berfikir akan selalu memohon kepada Allah agar mendapatkan perlindungan ketika tiba-tiba terjadi  bencana” kata Hidayat. Maka pengetahuan tentang tanggap bencana harus dipelajari agar tidak terjadi kepanikan saat menghadapi bencana.



    Nur Eta Effendi anggota BPBD Kabupaten Bantul yang bertugas di bagian Pusdakop, Damkar dan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berkesempatan memberikan penjelasan kepada seluruh guru dan pegawai MTsN 7 Bantul mengatakan bahwa hal penting yang dilakukan adalah tidak boleh panik, “Ketika terjadi gempa yang harus dilakukan adalah mencari perlindungan atau tempat yang aman, kalau di dalam ruang bisa masuk di bawah meja atau pegangan pada benda atau barang  yang di rasa kuat” jelas Eta Effendi.



    Selain itu melindungi kepala dan tengkuk dengan barang yang kuat dan bisa melindungi tubuh kita. Ketika memungkinkan bisa keluar dari gedung atau rumah di pastikan jalan evakuasi menuju ketempat yang lapang dan aman. Pada latihan evakuasi bencana gempa ini para siswa di harapkan agar serius ketika melaksanakan tahapan latihan evakuasi. Seperti ketika mencari perlindung di bawah meja, berlari menuju ketempat yang lapang tidak boleh tertawa tawa dan bercanda. (Khan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728