Header Ads

ad728
  • Breaking News

    PERSIAPAN SIMULASI MITIGASI BENCANA, MTsN 7 BANTUL ADAKAN RAPAT KOORDINASI

    Bantul (MTsN 7 Bantul) - Panitia Simulasi Mitigasi Bencana MTsN 7 Bantul hari ini Selasa (17/9) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk mematangkan program kegiatan simulasi Mitigasi Bencana. Bertempat di ruang guru gedung timur MTsN 7 Bantul Rakor di hadiri seluruh guru dan pegawai.Kepala MTsN 7 Bantul Hidayat mengharapkan agar pengenalan penanggulangan bencana bisa berjalan dengan lancar. ”Untuk kegiatan besok terkait dengan simulasi mitigasi bencana dimohon seluruh bapak ibu guru bisa mengendalikan siswa-siswi kita agar tiap tahapan dari simulasi bisa terlaksana dan kita bisa mendapatkan pelajaran yang bermanfaat mengenai kebencanaan” kata Hidayat.



    Latif Catur Mulyadi salah satu panitia Simulasi Mitigasi Bencana yang juga pegawai MTsN 7 Bantul menjelaskan secara singkat tentang pengertian simulasi dan mitigasi bencana. Mitigasi bencana adalah upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Sedangkan Simulasi Mitigasi bencana adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respon masyarakat dalam menghadapi bencana. ”Jadi ketika tiba-tiba terjadi gempa maka seorang guru harus bisa menenangkan siswa-siswinya ketika di dalam kelas, tindakan apa yang harus di lakukan maka seorang guru harus bisa menguasai diri dan mengarahkan agar para siswa bisa terhindar dari bencana akibat dari terjadinya gempa” jelas Latif Catur.

    Termasuk jalur evakuasi dari dalam gedung menuju ketempat yang lebih aman, maka perlu di beri tanda khusus arah evakuasi yang jelas di lihat dan di baca. Latif Catur juga menginformasikan bahwa kegiatan Simulasi Mitigasi Bencana yang akan dilaksanakan besok Rabu (18/9) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul dan Relawan penanggulangan bencana kelurahan Sitimulyo (Resigana) Piyungan dan Latif Catur Mulyadi salah satu anggotanya. (Khan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728